Rabu, 13 Juni 2012


Melestarikan dan Mempertahankan Kebudayaan

Kebudayaan adalah aspek yang sangat penting bagi suatu bangsa dikarenakan kebudayaan juga merupakan jati diri dari bangsa itu sendiri. Bagaimana kebudayaan Indonesia sebenarnya berkembang dari jaman dahulu hingga sekarang. Peranan budaya lokal mempunyai peran yang penting dalam memperkokoh ketahanan budaya bangsa, namun sekarang kebudayaan itu sendiri sudah jarang terlihat peranannya karena sebagian besar akibat pengaruh dari budaya asing dan arus modernisasi, globalisasi dan akhirnya bisa menimbulkan berbagai permasalahan budaya di Indonesia. Indonesia kaya akan budaya karena setiap daerah mempunyai ciri khas atau budaya masingmasingn yang tentunya tidak menjadi benturan satu sama lain. Indonesia tetap menjaga perbedaan kebudayaan tersebut.
Berikut beberapa hal yang dapat kita simak dalam rangka melestarikan budaya :
1.      Strengh (Kekuatan)
a.       Keanekaragaman budaya lokal yang ada di
b.      Kekhasan budaya Indonesia
c.       Kebudayaan Lokal
2.      Weakness (Kelemahan)
a.       Kurangnya kesadaran masyarakat
b.      Kurangnya pembelajaran budaya
c.       Minimnya komunikasi
3.      Opportunity (Peluang)
a.       Indonesia dipandang dunia Internasional
b.      Kuatnya budaya bangsa, memperkokoh rasa persatuan
c.       Kemajuan pariwisata
4.       Threatment (Tantangan)
a.       Perubahan lingkungan alam dan fisik
b.      Kemajuan Teknologi
c.       Masuknya Budaya Asing
Tapi dengan masuknya modernisasi dari budaya barat dapat merusak budaya Indonesia, sehingga terkikisnya budaya Indonesia dan mulai terlupakan. Untuk itu budaya yang kita miliki saat ini harus selalu mendapat perhatian dan tetap melestarikanya. Jangan timbul masalah seperti yang terjadi beberapa waktu lalu klaim pulau, batik dan tarian khas Daerah Indonesia yang diakui negara tetangga.
kebudayaan daerah yang ada di Indonesia patut mendapatkan perhatian dan tetap melestarikanya. Jangan karena terlarut dalam kebanggaan tersebut, kitapun lupa dengan warisan kebudayaan lainnya. Masih banyak warisan budaya lainnya yang harus kita perjuangkan untuk diakui oleh dunia sebagai milik kita. Masyarakat harus didorong agar semakin bangga dan lebih sering lagi menggunakan produkproduk budayanya sendiri. Sehingga ke depan masyarakat semakin akrab dengan warisan budayanya sendiri, dan kehidupan yang kebaratbaratan berangsurangsur akan berganti dengan kehidupan yang mencintai kekayaan kebudayaan kita.

SUMBER :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar