Nama : Eti Trisetiowati
NPM : 12111510
Kelas : 4KA40
Penulisan Pengantar
Telematika ke-3
1. Jelaskan
dan Gambarkan bagan lengkap dari proses komunitas java atau JCP terdiri dari teknologi virtual mesin !
Jawab :
Proses
komunikasi java, java community process JCP dan Virtual Machine
Bagi
orang-orang yang bekerja atau terlibat dibidang teknologi, khususnya ilmu
komputer, tentunya sudah tidak asing lagi dengan bahasa pemrograman java (Java
Programming). Dengan berbagai kelebihan dan keunggulannya, java menjadi begitu
populer dalam mengembangkan sebuah aplikasi. Bukan hanya aplikasi desktop,
tetapi juga aplikasi mobile, enterprise, web (applet) dan sebagainya. Selain
itu juga Java sangat fleksibel karena mendukung konsep multi platform dan yang
terpenting Java bersifat open source (dikeluarkan oleh Sun Microsystems)
sehingga dari waktu ke waktu bahasa Java dapat dikembangkan dengan sangat cepat
melalui umpan balik yang diberikan oleh para user.
Mengingat
kepopuleran dari Java ini, maka banyak terdapat komunitas-komunitas yang dapat
memberikan umpan balik dalam mengembangkan bahasa Java. Komunitas ini dikenal
dengan istilah Proses Komunitas Java (Java Community Process / JCP) yang
didirikan pada tahun 1998, adalah mekanisme formal yang memungkinkan pihak yang
berkepentingan untuk mengembangkan spesifikasi teknis standar untuk teknologi
Java. Siapapun bisa menjadi Anggota JCP dengan mengisi formulir yang tersedia
di situs JCP. Keanggotaan JCP untuk organisasi dan entitas komersial
membutuhkan biaya tahunan tetapi bebas untuk individu.
JCP
melibatkan penggunaan Permintaan Spesifikasi Java (Java Spesification Request /
JSRs), yaitu dokumen formal yang menggambarkan spesifikasi yang diusulkan dan
teknologi untuk menambah platform Java. Ulasan publik Formal JSRs akan muncul
sebelum JSR menjadi final dan Komite Eksekutif JCP menilainya di atasnya.
Sebuah JSR akhir menyediakan implementasi referensi yang merupakan implementasi
bebas dari teknologi dalam bentuk kode sumber dan Kompatibilitas Kit Teknologi
untuk memverifikasi API spesifikasi. Sebuah JSR menggambarkan JCP itu sendiri.
Seperti tahun 2009 , JSR 215 menggambarkan versi sekarang (2.7) dari JCP. Sebagai
sebuah platform, Java memiliki dua buah bagian penting, yaitu Java Virtual
Machine dan Java Application Programmig (Java Api).
Java Virtual Machine
Sekilas
pengertian Mesin virtual (Virtual Machine) dalam ilmu komputer adalah
implementasi perangkat lunak dari sebuah mesin komputer yang dapat menjalankan
program sama seperti layaknya sebuah komputer asli. Sedangkan dalam konteks JVM
merupakan mesin virtual yang digunakan secara khusus mengeksekusi berkas
bytecode java. Bytecode java sendiri dihasilkan saat proses kompilasi file java
berekstensi .java menjadi .class. Selain itu JVM merupakan perangkat lunak yang
dikembangkan secara khusus agar terlepas dari ketergantungan atas perangkat
keras serta sistem operasi tertentu. JVM menyediakan lingkungan kerja yang
dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi berbasis java serta mengotomatisasikan
fitur-fitur seperti penanganan kesalahan.
Teknologi
virtual machine memiliki banyak kegunaan seperti memungkinkan konsolidasi perangkat
keras, memudahkan recovery
sistem, dan menjalankan perangkat
lunak terdahulu. Salah satu penerapan penting dari teknologi VM adalah
integrasi lintas platform.
Beberapa penerapan lainnya
yang penting adalah:
Konsolidasi server. Jika beberapa server menjalankan
aplikasi yang hanya memakan sedikit sumber daya, VM dapat digunakan untuk
menggabungkan aplikasi-aplikasi tersebut sehingga berjalan pada satu server
saja, walaupun aplikasi tersebut memerlukan sistem operasi yang berbeda-beda.
Otomasi dan konsolidasi lingkungan
pengembangan dan testing. Setiap VM
dapat berperan sebagai
lingkungan yang berbeda,
ini memudahkan pengembang
sehingga tidak perlu menyediakan lingkungan tersebut secara fisik. Menjalankan perangkat lunak terdahulu. Sistem operasi dan perangkat lunak terdahulu
dapat dijalankan pada sistem yang lebih baru. Memudahkan recovery
sistem. Solusi virtualisasi dapat
dipakai untuk rencana recovery
sistem yang memerlukan portabilitas dan fleksibilitas antar platform. Demonstrasi perangkat lunak. Dengan
teknologi VM, sistem operasi yang bersih dan konfigurasinya dapat disediakan
secara cepat.
Kelebihan virtual
machine (vm) :
Hal
keamanan. VM memiliki perlindungan yang lengkap pada berbagai sistem sumber
daya, yaitu dengan
meniadakan pembagian sumber
daya secara langsung, sehingga
tidak ada masalah proteksi dalam
VM. Sistem VM adalah kendaraan yang
sempurna untuk penelitian dan pengembangan sistem operasi. Dengan VM, jika
terdapat suatu perubahan pada satu bagian dari mesin, maka dijamin tidak akan
mengubah komponen lainnya.
Memungkinkan untuk
mendefinisikan suatu jaringan
dari Virtual Machine (VM). Tiap-tiap bagian
mengirim informasi melalui
jaringan komunikasi virtual. Sekali
lagi, jaringan dimodelkan
setelah komunikasi fisik jaringan diimplementasikan pada perangkat
lunak.
Kekurangan virtual
machine, Beberapa kesulitan utama dari konsep VM, diantaranya adalah :
Sistem
penyimpanan. Sebagai contoh kesulitan dalam sistem penyimpanan adalah sebagai
berikut: Andaikan kita
mempunyai suatu mesin
yang memiliki 3 disk drive
namun ingin mendukung 7 VM.
Keadaan ini
jelas tidak memungkinkan bagi kita untuk dapat mengalokasikan setiap
disk drive untuk tiap VM, karena perangkat lunak untuk mesin virtual sendiri
akan membutuhkan ruang disk secara
substansial untuk
menyediakan memori virtual dan
spooling.
Solusinya adalah dengan menyediakan disk virtual atau
yang dikenal pula
dengan minidisk, dimana
ukuran daya penyimpanannya identik
dengan ukuran sebenarnya.
Dengan demikian, pendekatan VM
juga menyediakan sebuah antarmuka yang identik dengan perangkat keras yang
mendasari. Pengimplementasian sulit. Meski konsep VM cukup baik, namun VM sulit
diimplementasikan.
Contoh virtual machine
: Vmware, Xen VMM , Java VM
Jenis-jenis
dari VM adalah VM sistem di mana sebuah VM dapat menjalankan sebuah sistem operasinya sendiri,
kemudian VM proses di mana VM
hanya menjalankan sebuah proses saja. Kemudian VM juga dibagi berdasarkan
tingkat virtualisasinya, yaitu virtualisasi penuh yang
mensimulasikan seluruh fitur
perangkat keras sehingga memungkinkan perangkat lunak berjalan pada VM tanpa modifikasi.
Kemudian virtualisasi paruh,
di mana tidak
semua fitur perangkat keras
disimulasikan. Yang terakhir adalah virtualisasi asli, yang mana merupakan virtualisasi penuh
yang digabungkan dengan
bantuan perangkat keras yang
mendukung virtualisasi.
2. Jelaskan perbedaan dari arsitektur, fungsional dan
structural dari kolaborasi antar muka multimedia dan berikan gambarnya !
Jawab :
Arsitektur Kolaborasi Antarmuka Otomotif Multimedia
Pengertian dari Kolaborasi Antar muka Otomotif Multimedia adalah sebuah
kelompok yang dibuat oleh pembuat untuk menciptakan standar umum yang digunakan
untuk mengatur bagaimana cara kerja perangkat elektronik, seperti komputer dan
hiburan unit, berkomunikasi dengan kendaraan. Automotive Multimedia Interface
Collaboration (AMIC) mengatakan akan menjadi tuan rumah tiga update internasional
briefing untuk menjadi pemasok otomotif, komputer dan teknologi tinggi industri
elektronik. Briefing akan diadakan 23 Februari di Frankfurt, Jerman; Februari
29 di Tokyo; dan Maret 9 di Detroit.
“AMIC telah membuat suatu kemajuan yang signifikan dalam satu tahun
terakhir ini dalam menyelesaikan struktur organisasi dan mencapai kesepakatan
mengenai persyaratan yang diperlukan untuk hardware dan software baik di masa
depan mobil dan truk,” Juru bicara AMIC Dave Acton berkata, “Dan sekarang sudah
saatnya bagi kita untuk bertemu dengan pemasok dan mereka yang tertarik untuk
menjadi pemasok untuk memastikan kami pindah ke tahap berikutnya pembangunan
kita bersama-sama”. Acton menekankan bahwa AMIC terbuka untuk semua pemasok
yang tertarik bisnis elektronik. AMIC dibentuk pada bulan September l998 dan
saat ini dipimpin oleh 12 produsen otomotif dan anak perusahaan yang meliputi:
BMW, Daimler-Chrysler, Ford, Fiat, General Motors, Honda, Mitsubishi, Nissan,
PSA / Peugeot-Citroen, Renault, Toyota, dan VW. Seorang juru bicara mengatakan
kelompok AMIC berencana untuk mendirikan sebuah kantor di San Francisco di masa
depan.
Kolaborasi Antar muka Otomotif Multimedia adalah sebuah kelompok yang
dibuat oleh pembuat (maker) untuk menciptakan standar umum yang digunakan untuk
mengatur bagaimana cara kerja perangkat elektronik, seperti komputer dan
hiburan unit, berkomunikasi dengan kendaraan. Memiliki anggota: Fiat, Ford,
General Motors, Honda, Mitsubishi, Nissan, PSA Peugeot-Citroen, Renault.
Sedangkan pengertian AMI-C adalah organisasi global yang mewakili mayoritas
dunia produksi kendaraan.
AMI-C mengembangkan dan standarisasi yang umum multimedia dan
telematika otomotif antarmuka untuk kendaraan jaringan komunikasi. Tujuan dari
kolaborasi antar mukaotomotif multimedia antar lain:
- Menyediakan interface standar untuk memungkinkan pengendara mobil untuk menggunakan berbagai media, komputer dan perangkat komunikasi – dari sistem navigasi dan hands-free telepon selular, melalui manusia maju / mesin sistem antarmuka, termasuk pengenalan suara dan sintesis, untuk dipersembahkan komunikasi jarak dekat ( DSRC) sistem untuk kendaraan untuk infrastruktur komunikasi dan sistem mobil seperti airbag, pintu kunci dan diagnostik input / output.
- Meningkatkan pilihan dan mengurangi keusangan sistem elektronik kendaraan. Memotong biaya keseluruhan informasi kendaraan dan peralatan hiburan dengan meningkatkan ukuran pasar yang efektif dan memperpendek waktu pengembangan – industri otomotif efektif terdiri dari banyak pasar yang kecil karena setiap platform kendaraan sering mengandung berbagai adat-mengembangkan komponen dan platform yang khas hanya sekitar 50.000 unit.
- Menawarkan standar terbuka dan spesifikasi untuk informasi interface dalamkendaraan dan antara kendaraan dan dunia luar.
The Automotive Multimedia
Interface Collaboration (AMIC) didirikan pada tahun 1998 dengan tujuan untuk
mengembangkan serangkaian spesifikasi umum untuk multimedia interface ke sistem
elektronik kendaraan bermotor untuk mengakomodasi berbagai berbasis komputer
perangkat elektronik di dalam kendaraan. Para pendiri berinisiatif ini terdiri
dari Daimler-Chrysler, Ford, General Motors, Renault dan Toyota, namun sekarang
anggotanya semua kelompok pembuat auto utama dan dengan demikian menyediakan
kesempatan strategis baru untuk mencapai suatu set umum industri mobil
persyaratan sebagai dasar untuk konvergensi pasar.
Untuk berbagai alasan,
kendaraan telah tertinggal di belakang rumah dan perangkat komputasi mobile
ketika datang ke alat produktivitas dan multimedia. Keamanan, kehandalan,
biaya, dan desain waktu memiliki semua faktor dalam produsen mobil menunda
penerimaan teknologi baru.
Fungsional
Kolaborasi Antarmuka Otomotif Multimedia TelematikaAntarmuka Otomotif Multimedia
Telematika yang dimaksud disini adalah Automotive Multimedia Interface
Collaboration atau yang lebih dikenal dengan singkatan AMI-C adalah suatu
bentuk pengembangan dan stadarisasi yang umum multimedia dan telematika
otomotif untuk kendaraan antarmuka jaringan komunikasi. Adapun tujuan dari
adanya AI-C adalah :
- Untuk menyediakan interface yang berstandar, sehingga memungkinkan seorang pengendara kendaraan (mobil) dapat menggunakan perangkat lain melalui berbagai media, komputer, perangkat komunikasi dari sistem navigasi dan handsfreeyang biasa digunakan pada telepon selular.
- Untuk meningkatkan berbagai macam pilihan yang dapat digunakan oleh user dan juga untuk mengurangi keusangan sistem elektronik kendaraan.
- Untuk memotong biaya yang dikeluarkan untuk keseluruhan informasi kendaraan dan juga peralatan hidubran dengan meningkatkan ukuran pasar yang efektif dan memperpendek waktu pengembangan industri otomotif efektif. Karena banyak jumlah kendaraan yang sering mengandung berbagai adat mengembangkan komponen dan platfor yang khas hanya sekitar 50.000 unit.
- Untuk menawarkan standar terbuka dan spesifikasi bagi informasi interface dalam kendaraan dan antara kendaraan dengan dunia luar.
Pada dasarnya kolaboasi antarmuka otomotif multimedia itu sendiri
adalah sebuah organisasi yang mana organisasi ini dibentuk guna menciptakan
standarisasi dunia yang digunakan dalam mengatur bagaimana sebuah
perangkatelektronik dapat bekerja sebagaimana yang diharapkan. Dimana setiap
alat elektronik ini harus dapat bekerja dengan selaras sehingg kendaraan dapat
lebih handal ketika digunakan. Sebelum memasang perangkat ini, alangkah baiknya
untuk terlebih dahulu mencocokkan dengan jenis atau tipe kendaraan yang
digunakan, karena pada dasarnya belum tentu perangkat yang akan dipasang akan
selalu cocok dengan kendaraan yang digunakan, karena itulah perlu dibuat
standarisasi kolaborasi antarmuka multimedia. Sudah terdapat beberapa anggota
yang aktif dalam organisasi Automotive Multimedia Interface Collaboration
(AMI-C), diantaranya adalah : Fiat, Ford, General Motors, Mitsubishi, Nissan,
PSA Peugeot-Cotroen, dan Renault.
Struktural
Kolaborasi Antarmuka Otomotif Multimedia Telematika
Automotive Multimedia Interface
Kolaborasi (AMIC) mengatakan akan menjadi tuan rumah tiga update internasional
briefing untuk menjadi pemasok otomotif, komputer dan teknologi tinggi industri
elektronik. Briefing akan diadakan 23 Februari di Frankfurt, Jerman; Februari
29 di Tokyo; dan Maret 9 di Detroit.
“AMIC telah membuat suatu
kemajuan yang signifikan dalam satu tahun terakhir ini dalam menyelesaikan
struktur organisasi dan mencapai kesepakatan mengenai persyaratan yang
diperlukan untuk hardware dan software baik di masa depan mobil dan truk,”
Jurubicara AMIC Dave Acton berkata, “Dan sekarang sudah saatnya bagi kita untuk
bertemu dengan pemasok dan mereka yang tertarik untuk menjadi pemasok untuk
memastikan kami pindah ke tahap berikutnya pembangunan kita bersama-sama. “
Acton menekankan bahwa AMIC
terbuka untuk semua pemasok yang tertarik bisnis elektronik. AMIC dibentuk pada
bulan September l998 dan saat ini dipimpin oleh 12 produsen otomotif dan anak
perusahaan yang meliputi: BMW, DaimlerChrysler, Ford, Fiat, General Motors,
Honda, Mitsubishi, Nissan, PSA / Peugeot-Citroen, Renault, Toyota, dan VW.
Seorang juru bicara mengatakan kelompok AMIC berencana untuk mendirikan sebuah
kantor di San Francisco di masa depan.
Sumber :
3. Jelaskan perbedaan serta gambar
dari kompleks network dan online transaction processing !
Jawab :
- Network Online Transaction Processing
Proses
transaksi online, atau OLTP, adalah kelas sistem informasi yang memfasilitasi
dan mengelola aplikasi berorientasi transaksi, biasanya untuk entri data dan
pengambilan proses transaksi. Istilah ini agak ambigu, beberapa mengerti
"transaksi" dalam konteks komputer atau database transaksi, sementara
yang lain (seperti Processing Performance Council Transaksi) mendefinisikannya
dalam hal bisnis atau transaksi komersial.
- Transaksi Online Sistem Pengolahan Desain
Untuk membangun sebuah sistem OLTP,
desainer harus tahu bahwa sejumlah besar pengguna konkuren tidak mengganggu
kinerja sistem. Untuk meningkatkan kinerja sistem OLTP, desainer harus
menghindari penggunaan berlebihan dari indeks dan cluster.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar