Etika dan Profesionalisme TSI
Nama :
Eti Trisetiowati
Kelas : 4KA40
NPM :
12111510
Dosen : Rifki Amalia
1.
Jelaskan
dan berikan contoh flowchart dari
a.
E-Government
adalah penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah untuk
memberikan informasi dan pelayanan bagi warganya, urusan bisnis, serta hal-hal
lain yang berkenaan dengan pemerintahan. e-Government dapat diaplikasikan pada
legislatif, yudikatif, atau administrasi publik, untuk meningkatkan efisiensi
internal, menyampaikan pelayanan publik, atau proses kepemerintahan yang demokratis.
Model penyampaian yang utama adalah Government-to-Citizen atau
Government-to-Customer (G2C), Government-to-Business (G2B) serta
Government-to-Government (G2G). Keuntungan yang paling diharapkan dari
e-government adalah peningkatan efisiensi, kenyamanan, serta aksesibilitas yang
lebih baik dari pelayanan publik.
Sumber :
b. E-Learning
Dapat didefinisikan sebagai sebuah bentuk teknologi informasi
pendidikan dalam bentuk elektronik. Pengertian ini sejalan
dengan huruf “E” pada kata E-Learning yang berarti “Elektronik”.Pengertian e-learning sendiri
sebenarnya sangat luas, namun istilah e-learning lebih tepat ditujukan sebagai
usaha untuk membuat transformasi proses belajar mengajar yang ada di sekolah
atau kampus ke dalam bentuk digital yang dijembatani oleh teknologi internet.Dalam teknologi
e-learning, semua proses belajar mengajar yang biasa didapatkan di dalam sebuah
kelas dilakukan secara live namun virtual. Artinya pada saat yang sama seorang
pendidik mengajar di depan sebuah komputer yang ada di
suatu tempat.
Banyak
ahli yang menguraikan pengertian
e-learning dari berbagai sudut pandang. Salah satunya adalah
Hartley yang mendefinisikan e-learning sebagai suatu jenis cara belajar
mengajar yang memungkinkan tersampaikannya bahan ajar ke siswa dengan
menggunakan media internet, intranet, atau media jaringan komputer lainnya.
E-learning merupakan upaya menghubungkan pembelajar (peserta didik) yang secara
fisik terpisah atau bahkan berjauhan namun dapat saling berkomunikasi,
berinteraksi, atau berkolaborasi secara langsung (synchronous) maupun
secara tidak langsung (asynchronous). Jadi, e-learning adalah
bentuk pembelajaran/pelatihan jarak jauh yang memanfaatkan teknologi
telekomunikasi dan informasi.
E-Learning,
contoh flowchart tentang pembuatan
kalkulator sederhana :
Sumber
:
http://www.pengertianahli.com/2014/05/pengertian-e-learning-apa-itu-e-learning.html#_
http://tugaselearningbsi.blogspot.com/2011/12/contoh-e-learnig.html
c. E-Commerce
E-Commerce
adalah kegiatan-kegiatan bisnis dengan tujuan mengambil keuntungan seperti
penjualan, pembelian, pelayanan, informasi, dan perdagangan melalui perantara
yaitu melalui suatu jaringan computer, terutama internet.
E-commerce
atau bisa disebut Perdagangan elektronik atau e-dagang adalah penyebaran,
pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik
seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya.
E-commerce
dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem
manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis Industri
teknologi informasi melihat kegiatan e-dagang ini sebagai aplikasi dan
penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial,
seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management),
e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan
transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik
(electronic data interchange /EDI), dll.
E-dagang
atau e-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business
lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga
pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll.
Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi basisdata
atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan
bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman
barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.
E-commerce
pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali
banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu
halaman-web (website). Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik menghasilkan
penjualan seharga AS$12,2 milyar pada 2003. Menurut laporan yang lain pada
bulan oktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel online yang bersifat non-travel
di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai seperempat trilyun dolar US pada
tahun 2011.
Flowchart
Customer
Flowchart Admin Web
Sumber :